loading...

Jumat, 29 September 2017

AGAR ANAK TAK SAKIT SETELAH MAIN HUJAN-HUJANAN

ANAK siapa sih yg nggak senang hujan-hujanan?  Mungkin cuma anak kucing saja yg nggak suka.  Anak-anak ketika main hujan-hujanan, mereka seperti menemukan surga di tengah hutan.  Kalau boleh saya berpendapat, Kalau ingin melihat anak anda bahagia maka izinkanlah untuk hujan-hujanan.  Hehe.... sederhana kan?

hujan-hujanan

Sayangnya sebagian orang tua masih banyak yang khawatir akan sakit bilamana anaknya lari ke sana ke mari di bawah derasnya hujan.  Nggak salah juga sih.....? Orang tua mana yang ingin anaknya sakit.  Hujan memang berpotensi mendatangkan penyakit, mulai dari batuk pilek hingga penyakit kulit.

Akan tetapi, potensi mendatangkan penyakit bisa diminimalisir.  Tidak selalu anak-anak saya izinkan untuk main hujan-hujanan.  Mereka saya izinkan bilamana hujan yang turun memang lumayan deras.  Kalau hujannya nggak deras kan nggak seru mainnya? hehe....

Beberapa hal ini bisa diterapkan untuk mengurangi potensi sakit setelah main hujan-hujanan:

1.  Makan terlebih dahulu

Tubuh yang lemah bisa menjadi awal terserangnya penyakit.  Agar tubuh kuat melakukan aktifitas dianjurkan untuk makan terlebih dahulu, atau perut tidak dalam keadaan kosong.  Begitu pun dengan main hujan-hujanan.  Bila anak dalam keadaan lapar segeralah diberi makan terlebih dahulu, baru kemudian diizinkan untuk main.

2.  Makan setelahnya

Bila sebelum main hujan-hujanan perut anak tidak terasa lapar, dianjurkan untuk makan setelahnya.  Biasanya perut terasa lapar setelah melakukan kegiatan yang melelahkan.  Mungkin saja mereka tidak terasa lapar tetapi menjadi lebih baik untuk tetap makan setelah melakukan kegiatan yang menguras tenaga.  Dengan menjaga tubuh tetap kuat & fit Insya Alloh penyakit tidak akan datang menyerang.

3.  Mandi dengan air bersih

Air hujan yang turun dari langit mungkin saja bersih.  Akan tetapi,  bila telah menyentuh tanah akan bercampur dengan debu-debu atau pun air got yang meluap karena hujan.  Tentunya hal ini bisa menimbulkan masalah pada kesehatan anak.  Sangat wajib bagi anak untuk kemudian mandi dengan air bersih setelah main hujan-hujanan.  Seperti halnya ketika anak- anak kita berendam di kolam renang atau di laut, tentunya  dilanjutkan dengan membilas tubuh.  Dengan mandi memakai sabun diharapkan kuman-kuman yang menempel akan hilang dan tubuh tetap sehat.

https://bahagiaibu.blogspot.co.id/2017/01/tips-mengajarkan-membaca-pada-anak.html


Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar