loading...

Senin, 09 Januari 2017

Dagangan Apa Yang Mudah Dijual?


Berbagai macam alternatif mata pencaharian salah satunya adalah berdagang.  Berdagang yang dimaksud di sini tentunya menjual barang.  Lalu, dagangan apa sih sebenarnya yang mudah dijual? hehe....untuk yang ini jawabannya sangat relatif.  Sama  dengan pertanyaan wanita seperti apa sih yang bisa disebut cantik?  Tentunya ssetiap orang mempunyai kriteria sendiri-sendiri tentang hal ini.

Begitupun dengan barang dagangan.   Semua jenis barang bisa mudah laku tinggal bagaimana menjualnya.  Ada sebuah ungkapan untuk menjuluki suatu dagangan yang laris "Dagangannya laku keras seperti kacang goreng!".  Kacang goreng adalah makanan kecil yang hampir semua orang suka, menjualnya seperti ada jaminan laku keras.   Ada benarnya juga sih,  tetapi belum tentu juga. Kalau kita menjualnya di tempat sepi, tentunya siapa yang mau beli?

Saya bukanlah  ahli marketing, tetapi saya mempunyai kesimpulan sendiri tentang sebaiknya barang seperti apa yang bisa kita jual.   Menjual barang akan lebih mudah laku  bila disesuaikan dengan karakter yang kita  miliki.   Ada dua jenis barang yang mempunyai cara berbeda dalam menjualnya.

es krim salah satu barang dagangan yg mudah dijual

1. Barang yang membutuhkan presentasi

Barang jenis ini umumnya belum banyak dikenal oleh banyak orang.  Mungkin banyak  yang mengetahuinya juga, tetapi mereka belum mengetahui kualitas atau pun manfaat sebenarnya.  Untuk menawarkannya agar orang mau membeli tentunya membutuhkan presentasi.

Beberapa contoh dari barang ini di antaranya produk-produk investasi (sukuk, ori, unit link, reksadana, dll), produk kecantikan atau kosmetik,  suplemen, dan lain-lain.  Butuh keberanian untuk menawarkan jenis barang-barang ini.  Kita dituntut untuk meyakinkan setiap calon konsumen.  Bahkan terkadang harus kecewa karena setelah panjang lebar memberikan presentasi kemudian konsumen enggan membeli.  Akan tetapi, biasanya jenis barang ini memberikan keuntungan yang besar.

Bila kita tipe orang suka  mempengaruhi orang lain mungkin jenis barang ini cocok sebagai barang dagangannya.

2. Barang yang tidak membutuhkan presentasi

Barang jenis ini biasanya merupakan bahan kebutuhan pokok.   Kalaupun bukan termasuk kebutuhan pokok tetapi produknya sudah sangat dikenal oleh konsumen.  Menjualnya lebih mudah, hanya membutuhkan tempat yang mudah dijangkau oleh konsumen.  Buat orang yang tidak berani atau tidak terlalu pintar merayu konsumen, menjual jenis barang ini bisa menjadi pilihan. 

Beberapa contoh dari barang ini adalah sembako, makanan ringan atau snack, dan lain-lain. Karena lebih mudah dalam menjualnya, biasanya barang jenis ini memberika keuntungan yang sedikit.   Akan menjadi besar keuntungan seseorang  jika jumlah yang dijual banyak dan cepat.  Beberapa faktor yang membuat jenis barang ini laku terjual dengan banyak dan cepat, diantaranya :

1. Tempat berjualan yang mudah dijangkau
2. Harga jual yang kompetitif, dan
3. Pelayanan yang memuaskan

Dari dua kesimpulan itu tinggal disesuaikan mana yang paling cocok dengan karakter kita.  Bila kita adalah orang yang selalu kesulitan dalam mempengaruhi orang lain  mungkin jenis barang yang nomor dua ini yang paling cocok.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar